Terdepan Mengungkap Fakta

KPU Mura Akan Rekrut PPK Dan PPS Yang Paham Tehnologi Informasi

MUSI RAWAS, MSN – Dalam waktu dekat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), akan melakukan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Musi Rawas tahun 2020.

Terkait rencana KPU RI yang akan menggunakan sistem rekap secara elektronik (e-Rekap) pada Pemilukada serentak tahun 2020, KPU Musirawas masih menunggu surat resmi dari pusat.

“Kami masih menunggu surat resmi dari KPU RI mengenai rencana menggunakan sistem e-Rekap),” kata Ketua KPU Musirawas, Anastatias pada media, Kamis (2/1/2020).

Jika surat resmi dari KPU RI dan PKPU sudah ada terkait rencana pelaksanaan e-Rekap ini, maka pihaknya siap untuk melaksanakannya.

“Pada prinsipnya kita siap mengikuti instruksi dari KPU RI, dan persiapkan elemen yang diperlukan,” katanya.

Syarifudin, SE, MM, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi, Masyarakat dan SDM

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi, Masyarakat, dan SDM, Syarifudin, SE, MM, menjelaskan, berkaitan dengan KPU RI akan menguji coba pelaksanaan rekap elektronik (e-rekap) bagi daerah yang melakukan Pilkada serentak tahun 2020, maka KPU Musi Rawas akan lakukan rekrutmen PPK dan PPS melek teknologi, yakni paham akan tehnologi informasi.

“Rekrutmen PPK akan dilaksanakan pada tanggal 15 januari mendatang,” ujarnya.

Dikatakan, untuk menggantikan salinan rekapitulasi di TPS, maka dilakukan Program e-rekap. Dengan sistem e-rekap, KPPS tinggal mengirimkan foto plano ke aplikasi atau server yang sudah disiapkan.

“Untuk menjamin keamanannya, maka nomor sim card yang mengirimkan harus didaftarkan secara khusus sebelum pelaksanaan pemilihan,” terangnya.

Lanjut dia, jika KPU RI mewajibkan semua daerah mengharus PPK dan PPS paham teknologi informasi, maka pihaknya sudah menyiapkan personel PPK dan PPS yang bisa teknologi informasi tersebut. Namun saat ini pihaknya  masih pesimis mengenai infrastruktur jaringan internet yang menjadi kendala di daerah ini,” pungkasnya. (Amsul)

Comments
Loading...